Pemasaran adalah merupakan salah
satu
kegiatan utama dalam bidang perekonomian, disamping kegiatan produksi
dan
konsumsi. Konsumsi baru bisa terlaksana setelah adanya kegiatan produksi
dan
pemasaran. Dengan kata lain, produksi dan pemasaran dapat membantu
terlaksananya tujuan konsumsi. Pemasaran jika kita lihat berada
diantara produksi dan konsumsi, yang berarti bahwa pemasaran
menjadi penghubung antara dua faktor tersebut. Dalam kondisi
perekonomian
sekarang ini, tanpa adanya pemasaran orang sulit mencapai
tujuan konsumsi yang memuaskan. Betapapun baiknya produk yang
dihasilkan, jika
orang lain tidak mengetahuinya, maka produk tersebut sulit akan laku.
Jelaskan
selengkap mungkin apa kesalahan yang kalian temukan pada artikel di
atas!
Jawab
Setelah
kelompok kami membaca artikel ini, kami menemukan beberapa kesalahan
pada
artikel ini, yaitu :
·
Pada kalimat
“Pemasaran adalah merupakan salah satu kegiatan utama” terdapat
pemborosan kata karena ada kata adalah dan merupakan yang memiliki
fungsi yang
sama yaitu penjelasan. Seharusnya digunakan salah satu saja.
·
Pada kalimat
“pemasaran jika kita lihat berada diantara produksi dan konsumsi”
kalimat ini
tidak efektif , seharusnya kalimat
“jika kita lihat”
ditempatkan sebelum kata “pemasaran” dan diberi tanda koma(,) atau kalimat “jika kita lihat”
dihilangkan saja sehingga kalimat ini akan menjadi kalimat efektif.
·
Pada kalimat
“yang berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung” terdapat
pemborosan kata yaitu berarti dan
bahwa, seharusnya kata bahwa tidak perlu digunakan karena, sebelumnya
sudah ada
kata berarti yang cukup menjelaskan.
·
Pada kalimat
“Dalam kondisi perekonomian sekarang ini” penggunaan kata ini setelah
kata sekarang tidak perlu karena kata sekarang sudah berarti penegasan
saat
ini.
·
Pada kalimat
terakhir “maka produk tersebut sulit akan laku” kata akan membuat
kalimat tersebut menjadi tidak efektif dan rancu.
·
Menurut kami
artikel diatas belum sempurna dan belum bisa dinyatakan sebagai artikel
ilmiah
karena penyusunan kata yang kurang
sistematis dan efektif, serta koherensi antar paragraf yang masih perlu
diperbaiki. Dalam artikel ini, tidak ditunjukkan cara pemasaran produk
yang
baik agar dikenal oleh masyarakat. Artikel ini hanya memuat pentingnya
pemasaran dalam hubungannya dengan produk yang dihasilkan oleh produsen.
2. Pemukiman kumuh sering
diidentikkan dengan
kemiskinan, bahkan hasil penelitian Ismail (1991:1) menunjukkan bahwa
pertumbuhan pemukiman kumuh berhubungan positif dengan problema
kemiskinan penduduk.
Semakin banyak penduduk miskin di perkotaan, semakin meningkat jumlah
pemukiman
(kampong) kumuh. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penduduk
pemukiman kumuh
merupakan masyarakat miskin. Keterbatasan ekonomi dan keadaan social
yang
kurang mendukung mengakibatkan lapisan penduduk marjinal DKI Jakarta
dengan
terpaksa dan atau sengaja bermukim di pemukiman kumuh. Di antara mereka
bahkan
mendirikan bangunan liar pada lokasi yang tidak diperuntukkan sebagai
pemukiman
atau pada lahan milik pihak lain. Timbul masalah kesehatan yang
mendasar,
seperti: masalah air minum, tinja, sampah, sanitasi makanan, serangga
dan
pencernaan yang disebabkan oleh timbulnya pemukiman kumuh. Permasalahan
kesehatan tersebut yang telah menjadi problematika bagi masyarakat
maupun
aparat pemerintah.
Berdasarkan
artikel no 2 susun (1) Rumusan masalah, (2) Tujuan penelitian
Jawab
Rumusan Masalah
1. Apa
pengaruh kemiskinan penduduk terhadap pemukiman kumuh ?
2. Apa
penyebab timbulnya pemukiman kumuh di DKI Jakarta ?
3. Apa
masalah yang timbul akibat pemukiman kumuh?
4. Apa
upaya yang dilakukan aparat pemerintah untuk mengatasi pemukiman kumuh ?
Tujuan
Penelitian
1. Mengetahui
pengaruh kemiskinan penduduk terhadap pemukiman kumuh
2. Mengetahui
penyebab terjadinya pemukiman kumuh di DKI Jakarta
3. Mengetahui
masalah yang timbul akibat pemukiman kumuh
4. Mengetahui
upaya yang dilakukan aparat pemerintah DKI Jakarta untuk menanggulangi
pemukiman kumuh
Anggota Kelompok :
1. Vira Aqmarina Sabila (28210392)
2. Mira Meidiani Suryadi (24210411)
3. Tiara Lenggogeni (26210888)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar